Langakah langkah nya.
Persiapkan surat lamaran dan kelengkapan berkas lamaran Anda, seperti Daftar riwayat hidup (Curriculum vitae), Pasphoto, Kartu identitas, photocopy Ijazah dan Daftar/Transkrip Nilai, Surat Referensi/Pengalaman Kerja, dan kelengkapan lain jika perlu.
Persiapkan akun email. Jika Anda belum punya, silahkan peroleh dari penyedia layanan email gratis seperti Google Mail (gmail), Yahoo Mail (yahoo, rocketmail, ymail) dsb.
Buat softcopy berkas lamaran Anda. Untuk surat lamaran kerja dan CV, anda sudah otomatis punya softcopy bila Anda mengetiknya memakai komputer. Sedangkan untuk memperoleh softcopy kelengkapan berkas lamaran lainnya, Anda dapat menscan berkas-berkas tersebut sehingga Anda memperoleh softcopy dalam salah satu bentuk file image seperti .jpg, pdf, png, tiff, dsb.
Pahami persyaratan da ketentuan dengan jelas
Tidak jarang terjadi, mereka yang baru pertama kali menggunakan email mengirimkan surat lamaran merasa gusar karena satu atau beberapa kesulitan, misalnya: Anda butuh waktu yang lama untuk melampirkan softcopy berkas lamaran Anda, apalagi dipersulit lagi dengan koneksi internet yang lambat.
Oleh karena itu, penting untuk memahami isi lowongan kerja dengan jelas. Bacalah kembali, berkas apa saja yang mereka minta untuk Anda lengkapi.
Mengingat proses melamar kerja lewat email sedikit ribet pada saat pertama kalinya karena Anda mungkin harus mempersiapkan segala kelengkapan berkas, maka kebanyakan perusahaan meminta Anda mengirimkan Surat lamaran dan Curriculum Vitae ditambah pasphoto diri atau menentukan batasan ukuran file maksimal dari sejumlah berkas yang mereka minta, misalnya tidak lebih dari 1 Mb. Tujuannya, agar mereka tidak menghabiskan banyak waktu mengunduh file berkas setiap lamaran yang masuk.
Namun, ada juga perusahaan yang tidak melakukan demikian. Jika ini Anda temui, maka Anda boleh mengirim berkas apa saja yang cukup mendukung surat lamaran Anda, tanpa perlu memboroskan waktu dan biaya.
Buatlah file anda dalam ukuran yang optimal
Bila Anda menscan kelengkapan berkas lamaran seperti Ijazah, Transkrip Nilai, Referensi Kerja, dsb., maka perlu Anda perhatikan besar file setiap lembar dokumen yang dihasilkan. Satu lembar dokumen ukuran A4 dapat menghasilkan ukuran file yang bervariasi, misalnya 200 Kb sampai 2 Mb. Nah, Anda harus memperhitungkan berJika Anda tidak paham bagaimana cara membuatnya optimal, mintalah seseorang yang paham melakukannya. Ukuran file ini dapat diminimalkan dengan Adobe Photoshop, Microsoft Office Picture Manager. Namun tetap perhatikan bahwa file yang Anda minimalkan tersebut haruslah dapat dibaca dengan jelas, karena meminimalkan file dapat mengurangi kualitas image.
Jika hal diatas sudah selesai, maka saatnya megirim file.
Caranya: Masuk ke akun email Anda.
Berikut ini kami sertakan 2 contoh jika Anda menggunakan salah satu akun gmail atau yahoo.
1. Klik Tulis atau Compose
2. Anda berada pada halaman pesan baru
Masukkan alamat email yang Anda tuju, Isikan subjek,
Kemudian mulai melampirkan berkas file dengan mengklik icon yang ditandai
3. Pilih file yang akan Anda kirimkan. Anda dapat memilih satu persatu atau sekaligus.
4. Tunggu sampai semua file terupload
5. Jika semua file telah terupload, saatnya mengirimkan berkas Anda.
Namun sebelumnya, pastikan bahwa alamat email tujuan Anda benar dan berkas Anda lengkap.
6. Selesai
0 komentar:
Posting Komentar